My W950 Problem Log

Yak, hape W950 yang saya pakai sekarang ini waktu itu saya beli dengan status barang second/bekas. Di hape ini saya mendapati data2x pemakai sebelumnya masi lengkap, mulai dari no. contact, foto2x, file multimedia(mp3/video). Yohoohohooo... saya lihat cuma sedikit dan langsung saya master reset, kenapa? karena saya trauma liat file orang [*note sebelumnya saya lihat di notebook yang saya beli second, datanya nngggggga' banget].
Sudah setahun lebih saya pakai SonyEricsson W950, banyak sekali halangan dan rintangan [*note jyahahahha... bahasanya] yang di lalui, beberapa diantaranya :

Lemot dan sering hengki tengki
Awalnya saya tidak masalah dengan masalah ini, tapi lama kelamaan mengganggu juga. Saya coba cari tau di internet, tanya2x oom google, blogwalking, dan tanya2x di forum. Akhirnya saya tau asal muasal masalahnya. Masalahnya sih simple, firmware di hape saya versi lama dan banyak bug-nya.
Akhirnya saya cari tau cara update firmware. Setelah mengerti cara update firmware, langsung saya update firmware "nina" saya dengan aplikasi dari SonyEricsson yaitu SEUS. Firmware saya yang sebelumnya R4B02 pun berubah jadi R6E28 yang lebih baru. Setelah itu jarang lagi terjadi hengki tengki dan yang pasti "nina" saya seperti baru.

Penahan stylus patah
Awalnya saya bingung, kenapa stylus saya "molor" terus. Seperti tidak ada yang menahan, copot2x terus. Hal ini sangat meresahkan saya yang waktu itu kocarkacir nyari stylus saya yang hilang dan untungnya hanya terjatuh di dalam mobil.
Akhirnya saya buka tutup baterai, lalu saya cari biang kerok yang menyusahkan itu. Dengan memakai tape kertas saya lapisi penahan stylus, lalu saya pastikan tape itu melekat erat dan saya tutup kembali tutup baterai "nina". Setelah itu, penahan bekerja dengan sempurna bahkan menjadi lebih kuat dari penahan stylus lama yang sudah patah.

Backup SMS dan Contact
Awalnya saya hanya ingin meng-update firmware dan sebelum firmware di-update selalu di tanyakan "apakah anda sudah mem-backup data anda?", yahh kira2x seperti itulah pertanyaannya. Kebetulan saya juga mau mem-backup sms dan contact saya, untuk jaga2x kalau hape saya crash lalu isinya hilang.
Akhirnya saya mencoba aplikasi MyPhoneExplorer, aplikasi ini khusus buat SonyEricsson dan sangat userfriendly. Dalam urusan mem-backup sms aplikasi ini jagonya, saya bisa baca sms yang saya backup di aplikasi ini. Sayangnya, ketika ingin mem-backup contact dari "nina" saya aplikasi ini bermasalah. Aplikasi ini hanya dapat membaca contact yang ada di SIMcard.
Lalu saya mecoba aplikasi bawa-an SonyEricsson, yaitu PC suite. Dengan aplikasi ini saya dapat melakukan macam2x untuk "nina" saya. Backup-nya pun lancar, semuanya bisa. Hanya tidak seperti MyPhoneExplorer, PC Suite menyimpan backup dalam bentuk file. Jadi tidak bisa dibuka di lain aplikasi, jadi saya tidak bisa melihat sms dan contact yang saya backup.
Setelah itu, saya pun merasa aman karena data penting di hape saya sudah di backup di PC saya.

Touchscreen tidak akurat
Awalnya saya tidak tahu kenapa ini bisa terjadi, ketika saya ingin menekan tombol back tapi tidak ada respon. Tetapi ketika saya geser area tekan sekitar beberapa mili, tombol tertekan. Ini berlaku sama dengan tombol2x yang lain. Saya pikir ini hanyalah kesalahan dalam kalibrasi touchscreen, lalu saya kalibrasi ulang. Namun kejadian ini terjadi lagi, saya kalibarasi ulang lagi, dan akhirnya saya menyerah karena terlalu sering kalibrasi ulang.
Akhirnya saya coba ganti theme-nya menjadi theme standar, dan touchscreen kembali akurat. Lalu saya ganti ke theme favorit saya kembali dan masalah itu hilang. Setelah itu setiap touchscreen saya tidak akurat saya ganti theme saya yang sedang aktif dengan theme lain, hohohoohoo... lagipula saya ada banyak theme, sekalian biar ngga bosen.

Menjelajah dunia maya di genggaman anda
Awalnya saya dulu dengan hape lama saya SonyEricsson T200 selalu browsing dan chatting. Nahh, ketika "nina" jatuh ke pelukan saya langsung saya maksimalkan.
Akhirnya saya mengunduh Opera Mini 4 untuk browsing, sedikit setting di message agar dapat mengunduh email pop3 gmail, dan slick untuk chatting di yahoo ato gchat. Dengan Opmin saya bisa nge-plurk, buka facebook, dan cek skor di livescore. Setelah itu jika saya sedang menunggu ato melakukan aktivitas yang membosankan saya bisa browsing+chatting+dengerin musik via walkman.
Oia W950 support blackberry loh, blom pernah nyoba sihh jadi ga tau kayak gimana dan bisa atau ngga. Lagi pula ngapain gwa pake blekberi

Masalah diatas hanyalah beberapa dari yang solved, yang unsolved juga ada seperti:

W950 saya tidak bisa synchronize ke iTunes
Awalnya saya pernah membaca di forum, bahwa W950 dapat di synchronize ke iTunes. Coba2x di praktek-in langkah2xnya dan gagal terus untuk synchronize ke iTunes. Setelah itu saya bingung bagaimana lagi dan apa yang salah ketika saya mencoba snchronize ke iTunes.

Kok karakter kanji jadi kotak2x
Awalnya saya lihat karakter kanji di playlist walkman saya berubah wujud jadi kotak2x. Saya pikir w950 saya tidak bisa encoding karakter unicode. Ini menyebabkan ketidaknyamanan saya saat melihat playlist di walkman saya, yang kebetulan di hape saya kebanyakan isinya lagu jepang. Saya tanya oom google, saya dapatkan teori kalo font-nya saya ganti kanji itu dapat terbaca. Benar!, kanji di playlist saya pun dengan jelas terbaca, tapi ketika saya ingin membuat sms beberapa karakter di virtual keyboard saya hilang... WTF.
Setelah itu saya mengganti font-nya ke font standar dan sekarang saya sedang mencari font yang kanji-able dan virtual keyboard-able. Jadi karakter kanji di playlist saya yang sekarang masih kotak2x.

Saya tidak dapat membaca PDF dengan nyaman
Awalnya saya hanya ingin membaca pdf di "nina" saya. Saya pun mencari aplikasi yang memungkinkan saya untuk membaca pdf di "nina" saya. Ada PDF+, tapi aplikasi ini tidak gratis. Setelah nyari kemanamana akhirnya saya dapat bajakannya, yang bodohnya file yang saya donlot hanya bisa terekstrak jika memasukan password yang diberikan peng-upload aplikasi tersebut dan saya lupa password-nya.
Lalu saya coba acrobat reader dari adobe, tidak bisa juga karena hanya untuk symbian nokia, mereka tidak mendukung symbian UIQ. Akhirnya saya mendapatkan pdf reader yang geraatiss, yaitu fox it reader. Sudah geratis dan kompatibel pula, saya pun dapat membaca pdf... taapiii gak bisa fullscreen, jadi saya mengintip kalo membaca disitu dan itu sama sekali tidak nyaman.

But overall, saya puas dengan "nina" saya. Dia dapat mengisi waktu saya ketika saya bengong. Bisa terkoneksi ke internet dimana saja, dan yang baru2x ini... saya bisa pake google latitude di "nina" saya... yohohoohohoo.

PS: ermm... sebenernya ini hape uda discontinue, UIQ uda tewas dan SonyEricsson uda gak update firmware lagi. Jujur gwa sedih, tapi mau gimana lagi... terpaksa bergantung pada 3rd party ato bisa2x-an gwa aja ngakal-innya.

Comments

Popular posts from this blog

blog is up

Bapak dan Anak

benkyooo